STEM, Orkes Keroncong Remaja

Musik keroncong identik dengan musik orang tua dan ditinggalkan anak muda. Generasi muda sekarang adalah generasi K-Pop, generasi musik luar negeri. Mereka bangga akan itu. Mereka malu dengan musik tanah air. 

Namun ada segelintir anak muda yang sangat menyukai musik keroncong. Mereka tergabung dalam sebuah grup musik keroncong yang mereka namai Orkes Keroncong STEM. Namanya nampak modern, berbau western, namun ternyata nama itu diambil dari singkatan kata berbahasa Jawa yaitu Sapa sing TEyeng Marai, artinya siapa yang bisa mengajari yang lain, saling mengisi. Karena musik keroncong tidak bisa dimainkan sendirian. 

sedang latihan

Kecintaan remaja-remaja ini akan musik keroncong amatlah besar, musik keroncong adalah musik yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Untuk memainkannya dibutuhkan keahlian dan latihan yang keras, berbeda dengan musik-musik yang lain. Itu yang membuat mereka tertarik dengan keroncong. Walaupun belum satu tahun berdiri, namun grup ini sudah sering mengisi acara, antara lain pada malam tirakatan dakam rangka HUT RI di Kabupaten Banjarnegara. Penampilan Orkes ini memikat hati para pendengar, Bapak Bupati dan Wakil Bupati pun terkesima hingga mereka turut bernyanyi lagu keroncong diiringi oleh Orkes Keroncong STEM.

yang nyanyi pak Bupati
Maju terus keroncong Indonesia,,


Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.